Tips Memilih Minyak Pijat Untuk Bayi

Tips Memilih Minyak Pijat Untuk Bayi yang Aman

Tips Memilih Minyak Pijat Untuk Bayi yang Aman – Pijat bayi merupakan salah satu perawatan bayi yang memiliki banyak manfaat bagus untuk tumbuh kembang si kecil. Pijat bayi dilakukan dengan memberikan sentuhan lembut dengan menggunakan minyak. Mengingat kulit si kecil masih sangat sensitif, maka penting untuk memperhatikan minyak yang digunakan untuk memijat buah hati. Ini dilakukan untuk mencegah terjadinya iritasi dan masalah kulit lainnya pada si kecil. Nah, berikut ini beberapa tips memilih minyak pijat untuk bayi yang aman dan nyaman.

Tips Memilih Minyak Pijat Untuk Bayi

Tips Memilih Minyak Pijat Untuk Bayi yang Aman

Gunakan minyak yang aman dan nyaman saat memijat si kecil. Agar tidak salah pilih, mari simak tips memilihnya pada pembahasan di bawah ini.

Pilih Minyak yang Ringan

Memilih minyak pijat dengan tekstur yang terlalu kental akan dapat menyebabkan pori-pori kulit si kecil tersumbat. Debu serta kotoran akan tersumbat di dalam kulit si kecil sehingga akan dapat memicu masalah kulit seperti biang keringat atau ruam. Anda bisa mencoba memakai minyak kelapa karena selain ringan juga lembut untuk kulit si kecil.

Bebas Kandungan Bahan Kimia

Anda harus memilih minyak pijat yang terbuat dari bahan alami, tidak mengandung bahan kimia dan pastinya tidak terdapat kandungan alergen di dalamnya. Selain itu, penting untuk memperhatikan tambahan pewangi dalam minyak. Sebab pewangi menjadi alergen yang akan membuat kulit bayi yang sensitif teriritasi.

Minyak Tidak Beraroma

Minyak pijat bayi yang beraroma biasanya terdapat kandungan bahan kimia di dalamnya yang tidak baik untuk si kecil. Sebaiknya anda memilih minyak pijat yang tidak memiliki aroma karena akan memperkuat jalinan emosi anda dan buah hati melalui aroma alami.

Tes Terlebih Dahulu Pada Kulit

Untuk mencegah iritasi atau lain sebagainya, anda dapat mengoleskan terlebih dahulu sedikit minyak yang akan dipakai untuk memijat si kecil. Lalu anda diamkan dan tunggu selama beberapa jam. Apabila pada kulit si kecil timbul gatal, kemerahan, ruam atau masalah kulit yang lainnya, sebaiknya anda memilih minyak pijat lain dan mengganti minyak pijat tersebut.

Baca juga : Tidak Disarankan Pijat Bayi Jika Si Kecil Mengalami Kondisi Ini

Bebas Essential Oil

Minyak pijat yang kita jumpai di pasaran beberapa di antaranya terdapat kandungan essential oil. Padahal essential oil itu sendiri pada umumnya jangan langsung dioleskan pada kulit. Oleh karena itu, jika kulit si kecil sensitif, sebaiknya anda menghindari penggunaan minyak pijat dengan kandungan essential oil.

Jangan Menggunakan Peanut Oil

Peanut oil disebut juga dengan arachis oil atau ground nut oil. Pada minyak ini aroma kacangnya sangat kuat yang akan dapat membuat si kecil kurang nyaman. Selain itu, minyak kacang juga teksturnya cukup kental. Meskipun mungkin jarang menimbulkan masalah, akan tetapi sebaiknya jangan digunakan untuk memijat si kecil karena memiliki potensi menimbulkan reaksi alergi, terlebih lagi jika buah hati anda memiliki alergi kacang. Begitupun dengan mustard oil, dimana menurut Baby Centre mempunyai efek negatif untuk lapisan pelindung kulit. Mustard oil ini pada kulit yang sensitif akan dapat membuat iritasi dan rusak.

Itulah beberapa tips memilih minyak pijat untuk bayi yang aman. Sebelum anda memijat atau mengajak si kecil ke tempat pijat bayi, anda harus memastikan bahwa minyak yang digunakan untuk pijat aman untuk buah hati. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Author Info

Kris Santi Handayani

No Comments

Post a Comment