8 Pengaruh Baby Spa Untuk Kesehatan dan Kecerdasan Bayi

Tips Meredakan Amukan Bayi Saat Lakukan Baby Spa

Tips Meredakan Amukan Bayi Saat Lakukan Baby Spa – Baby spa belakangan menjadi trend yang banyak dilakukan untuk para orangtua yang ingin memberikan treatment menenangkan untuk si buah hatinya. Para peneliti mengungkapkan bahwa manfaat dari baby spa akan baik untuk pergerakan motorik si buah hati. Meski tujuannya memberikan relaksasi yang menyenangkan. Namun pada faktanya tidak semua bayi bisa merasakan ketenangan ini saat baby spa. Sebagian malah menangis dan mengamuk karena ketakutan. Nah, di bawah  ini adalah tips meredakan amukan bayi saat lakukan baby spa.

Sebagai orangtua kita tentu ingin memberikan yang terbaik untuk si buah hati. Karena kebahagiaan mereka adalah yang utama maka tentu saja segala hal akan kita upayakan untuk membuat mereka senang. Baca juga: 8 Pengaruh Baby Spa Untuk Kesehatan dan Kecerdasan Bayi

Apa yang baik untuk tumbuh kembangnya adalah usaha yang akan dilakukan setiap orangtua demi menjaga kesehatan dan mendukung perkembangan si kecil dengan baik.

Termasuk salah satunya adalah dengan melakukan baby spa. Untuk orang dewasa, spa tentu menjadi kegiatan yang paling dinanti sebab pada saat ini tubuh akan dimanjakan dengan pijatan dan relaksasi yang menyenangkan.

Akan tetapi, lain halnya dengan si buah hati meski bertujuan untuk memberikan ketenangan dan kenyamanan namun tidak sedikit bayi yang akan menangis dan mengamuk sewaktu melakukan bayi spa, apalagi mereka yang baru pertama kali melakukannya.

Tips Meredakan Amukan Bayi Saat Lakukan Baby Spa

Ibu biasanya akan panik ketika mendapati si kecil menangis dan menjerit. Tak jarang, durasi spa yang harusnya full pun menjadi terpotong karena si kecil yang terus-terusan meminta ingin pulang. Hal ini akan tentu sayang sekali karena harga yang sudah terlanjur dibayar untuk paket spa yang diambil.

Namun tenang, dengan tips meredakan amukan bayi saat lakukan baby spa di bawah  ini diharapkan ibu dapat mengendalikan amarahnya dan membuat si kecil mau menikmati treatment ini dengan ceria.

Pastikan Bawa Mainan Kesukaannya

Meski suasana di tempat spa bayi penuh dengan mainan dan nuansa yang ibu anggap akan membuat si kecil merasa betah di dalamnya. Namun tidak semua bayi akan jatuh cinta dengan apa yang disediakan tempat spa bayi.

Termasuk mungkin bayi anda yang menangis pada saat melakukan pijatan atau rangkaian baby spa. Nah, untuk menghindari permasalahan ini terjadi maka sebaiknya bawalah mainan atau sesuatu yang dapat mengalihkan perhatiannya.

Ketika si kecil mendapatkan sesuatu yang familiar bersama dengannya maka ia tidak akan merasakan ketakutan sebab tempat yang asing.

Mainan kesukaannya ini seolah akan menjelaskan bahwa ia ada di tempat yang aman seperti di rumahnya sendiri. Dengan demikian, alih-alih menangis dan mengamuk perhatian si kecil akan terus tertuju pada mainannya.

Di saat inilah rangkaian baby spa akan tentu dapat berjalan dengan mudah dan lancar tanpa kendala. Maka dari itu, sebelum pergi ke tempat baby spa pastikan ibu membawakan si kecil mainan favoritnya yang bu.

Segera Gendong Ketika Bayi Menangis

Tidak mudah untuk bayi berada dalam lingkungan yang asing dan orang asing di hadapan mereka. Maka dari itu, meski terapis sudah sering berhadapan dengan bayi akan tetapi tidak semua bayi mudah dekat dengan orang yang belum pernah mereka temui. Oleh karenanya, si kecil akan menjadi rewel dan menangis ketika sedang mendapatkan treatment baby spa.

Meski treatment yang didapatkan seharusnya terasa menyenangkan. Akan tetapi, ketakutan bayi pada orang asing yang lebih besar membuat tangisan mereka tidak akan tertahankan.

Nah, ketika ibu mendapati kondisi ini maka sebaiknya jangan biarkan si kecil menangis dan menunggu meronta baru digendong. Karena hal ini akan semakin membuat si kecil enggan untuk melanjutkan treatment tersebut.

Segeralah gendong si kecil dan dekap dalam pangkuan anda. Bila ia masih menangis, cobalah untuk mengajaknya berdiri dan menepuk-nepuk bagian bokongnya dengan lembut.

Dengan begini si kecil akan memahami bahwa ia baik-baik saja meski bersama dengan orang lain karena anda akan selalu ada untuknya.

Ajak Bercanda

Ketika mendapati si kecil mulai rewel saat mendapatkan rangkaian treatment di tempat spa bayi maka sambil mendampingi mereka anda bisa mengajak si kecil bercanda.

Bayi akan lebih tenang ketika yang menenangkan mereka adalah orang yang mereka kenali, terutama dalam hal ini adalah ibunya sendiri. Maka dari itu, ia akan lebih mudah tertarik perhatiannya pada saat anda mengajaknya bercanda.

Lakukan hal-hal yang bisa membuat si kecil menjadi tenang, bila perlu anda bisa melakukan ciluk-ba atau candaan yang membuat si kecil tertawa.

Ketika ia sudah bisa tertawa maka ini adalah sinyal bahwa si kecil sudah lebih tenang dan treatmen yang dilakukan pun biasanya lebih mudah diselesaikan saat si buah hati lebih tenang.

Jangan Andalkan Terapis Atau Asisten Terapis

Biasanya di tempat spa bayi atau baby spa seorang terapis yang menangani bayi akan didampingi oleh seorang asisten. Tugas utama dari seorang asisten adalah memastikan bahwa peralatan untuk spa bayi tersedia dengan baik.

Lebih dari itu, adapula asisten yang bertugas untuk memastikan keselamatan bayi saat terapi sedang melakukan tugasnya. Jadi jangan salah mengartikan bahwa dengan menjalani treatment ini sama dengan anda menitipkan bayi anda di tempat penitipan anak.

Bagaimanapun tujuan dari baby spa adalah terapi untuk melatih pergerakan motorik bayi dan membuat mereka tatap merasa senang dan nyaman.

Jadi demikian, ketika si buah hati menangis maka jangan pernah mengandalkan terapis dan asisten untuk menangani permasalahan seperti ini.

Karena bayi akan tentu lebih mudah di tenangkan saat mereka berada bersama dengan orang yang familiar dengan mereka.

Sebaliknya, meski terapis dan petugas berusaha menenangkan bayi anda namun tidak berhasil maka jangan pernah menyalahkan mereka. Bagaimanapun itu adalah tugas anda sebagai ibunya.

Berikan Susu

Ada banyak alasan mengapa bayi bisa menangis, termasuk ketika sedang melakukan treatment babyi spa. Beberapa alasan tersebut bisa mungkin dikarenakan itu adalah jam tidur bayi, jadi ketika anda memaksa mereka mengikuti treatment spa maka jam tidur si kecil akan terganggu. Rasa kantuk yang tidak tertahan membuat si kecil menangis dan rewel.

Sementara itu, alasan lain yang bisa memicu si kecil menangis adalah karena perutnya yang lapar. Maka dari itu, untuk menenangkan si kecil yang sedang lapar adalah memberikan mereka susu.

 Untuk menjaga kepraktisan memberikan ASI atau susu pada saat si kecil sedang treatment adalah dengan memasukkannya dalam botol dan memegangnya bila si kecil belum mampu. Dengan begini maka mereka akan lebih tenang dan treatment yang dilakukan pun lebih mudah dilakukan.

Demikianlah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan dari pembahasan tips mengatasi amukan bayi saat lakukan baby spa. Semoga bermanfaat!

Author Info

Bella

No Comments

Post a Comment