Tips Perawatan Bayi di Baby Spa

Tips Perawatan Bayi di Baby Spa yang Harus Dipahami Orangtua

Tips Perawatan Bayi di Baby Spa – Baby spa saat ini sedang populer dan banyak diminati, karena memiliki banyak manfaat untuk si kecil. Banyak orangtua yang mengajak buah hatinya untuk baby spa ke tempat spa bayi. Nah, untuk anda yang ingin memanjakan si kecil di tempat baby spa, perhatikan terlebih dahulu beberapa tips berikut ini.

Tips Perawatan Bayi di Baby Spa

Pengertian Baby Spa

Baby spa memanfaatkan air untuk media rileksasi. Pada umumnya, perawatan yang bermanfaat untuk stimulasi bayi dibagi menjadi dua sesi, yakni berenang dan pijat bayi.

Sesi pertama, bayi akan berendam dengan menggunakan pelampung leher khusus untuk bayi di dalam air hangat. Biasanya treatment ini dilakukan selama 10 hingga 15 menit. Namun, durasi waktu berendam ini biasanya disesuaikan dengan reaksi dari si kecil. Apabila ia sudah terbiasa, durasinya biasanya lebih lama yaitu 30 menit. Setelah bayi berenang, kemudian ia akan dipijat oleh terapis yang sudah profesional.

Untuk bisa berenang, setiap baby spa mempunyai aturannya masing-masing. Bayi yang diperbolehkan berenang biasanya harus memiliki berat badan yang cukup atau minimal 5 kg dan lehernya sudah tegak.

Baca juga : Perhatikan Beberapa Hal Ini Saat Memijat Bayi

Apa Saja Manfaat Baby Spa?

Berdasarkan penelitian, baby spa mempunyai banyak manfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Nah, berikut ini beberapa manfaat baby spa:

  • Baby spa bermanfaat untuk mendorong perkembangan otak si kecil melalui stimulasi sensorik. Setiap melakukan aktivitas di kolam, otak si kecil akan menghasilkan sel baru. Saraf-saraf si kecil akan membentuk koneksi baru, sebab indera bayi akan mendapatkan rangsangan dari sentuhan melalui pijat bayi, aroma minyak yang dipakai saat memijat dan air hangat ketika bayi berenang di kolam baby spa.
  • Berendam atau berenang di dalam kolam air hangat juga akan membuat si kecil menjadi lebih tenang dan rileks. Pijat bayi yang dilakukan akan mengurangi bayi gelisah saat tidur sehingga tidurnya akan menjadi lebih nyenyak.
  • Baby spa juga bermanfaat untuk mendorong koordinasi tubuh, serta perkembangan motorik si kecil. Pasalnya saat berada di dalam air si kecil akan menggerakan kaki dan tangannya dengan bebas. Hal ini juga akan membantu si kecil untuk melatih kekuatan otot.
  • Baby spa akan melatih keberanian si kecil dan ia akan belajar beradaptasi di lingkungan yang baru dan orang-orang baru.

Tips Memanjakan Bayi di Baby Spa

Agar si kecil bisa menikmati perawatan dengan optimal, ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti berikut ini.

  • Sebelum mengajak buah hati ke baby spa, pastikan si kecil sudah kenyang. Selain itu, si kecil sebaiknya tidak dalam keadaan mengantuk agar bisa menikmati setiap treatment dengan nyaman.
  • Tempat baby spa biasanya sudah menyediakan perlengkapan seperti handuk, baju berenang, minyak telon dan lain sebagainya. Namun, anda bisa membawanya sendiri dari rumah. Karena belum tentu si kecil akan cocok dengan minyak telon yang sudah disediakan di sana.
  • Akhir pekan biasanya sering dijadikan pilihan untuk mengajak bayi baby spa. Namun, waktu ini sebaiknya dihindari karena antrian baby spa ketika weekend biasanya banyak. Hal ini ditakutkan bayi merasa bosan dan ia akan rewel sebelum baby spa di mulai. Atau jika tetap ingin mengajaknya saat akhir pekan, anda bisa reservasi terlebih dahulu sehingga tidak perlu menunggu lama di tempat baby spa.
  • Anda harus mencari tahu informasi mengenai tempat baby spa yang akan dikunjungi. Pastikan tempat baby spa memiliki tempat yang nyaman dan bersih, terutama untuk kolam bayi. ย Anda juga harus memastikan apakah terapis yang memegang bayi anda sudah tersertifikat atau belum.

Lihat juga : Waktu yang Tepat Mengajak Bayi Baby Spa

Itulah tips perawatan bayi di baby spa yang harus anda pahami agar si kecil mendapatkan manfaatnya dengan optimal. Semoga bermanfaat.

Author Info

Kris Santi Handayani

No Comments

Post a Comment