Mengetahui Umur Berapa Bayi Boleh Berenang di Baby Spa?

Mengetahui Umur Berapa Bayi Boleh Berenang di Baby Spa?

Mengetahui Umur Berapa Bayi Boleh Berenang di Baby Spa? – Baby spa saat ini menjadi trend perawatan para bayi yang banyak dilakukan. Metode perawatan tubuh bayi ini diklaim dapat memberikan sejumlah manfaat yang baik untuk tubuh bayi. Tak heran bila banyak ibu tertarik untuk dapat melakukan baby spa atau spa bayi. Akan tetapi pertanyaannya, umur berapa bayi boleh berenang di baby spa? Mari kita simak penjelasannya dibawah ini.

Bagi anda yang seringkali datang mengunjungi sebuah spa untuk melepas penak dari aktivitas sehari-hari. Kegiatan yang satu ini akan tentu memberikan anda relaksasi yang menyenangkan. Bukan hanya untuk tubuh, namun pikiran pun akan ikut dimanjakan lewat treatment tubuh yang satu ini.

Namun rupanya, spa tidak hanya diperuntukan untuk para orang dewasa saja. Rupanya, bayi pun membutuhkan treatment tubuh yang satu ini, lho bunda!

Akan tetapi, tentu saja spa yang dilakukan oleh bayi akan beda dengan yang dilakukan oleh orang dewasa. Nah, untuk bunda yang penasaran dengan spa bayi dan seperti apa lebih lengkapnya treatment yang satu ini. Mari simak dibawah ini. Baca juga: Mengenali Lebih Dalam Umur Berapa Bayi Boleh Baby Spa

Mengetahui Umur Berapa Bayi Boleh Berenang di Baby Spa?

 

Mengetahui Umur Berapa Bayi Boleh Berenang di Baby Spa?

Sebelum bunda dan orangtua berpikir untuk membawa buah hatinya ke tempat spa bayi. Akan lebih baik bila anda mengetahui standar atau ukuran usia pada bayi yang boleh diberikan dengan spa. Hal ini tentunya dilakukan demi menjaga keselamatan si buah hati.

Karena tentunya tidak semua bayi pada semua usia bisa dibawa ke tempat spa dan diberikan perawatan rangkaian spa. Salah-salah bila anda memaksakan diri membawa si buah hati yang belum cukup usia. Hal ini bukan memberikan manfaat untuk tubuh bayi, justru membahayakan keselamatannya sendiri.

Oleh karenanya, sebelum ibu dan ayah terburu membawa si buah hati ke tempat spa bayi. Akan lebih baik bila ayah dan ibu mengetahui dengan pasti kapan waktu atau umur yang tepat membawa si kecil ke tempat yang satu ini.

Adapun usia yang memperbolehkan seorang bayi mendapatkan rangkaian perawatan yang dilakukan di tempat spa bayi. Adalah pada usia 3-6 bulan. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan pada usia tersebut, si bayi sudah mampu menegakkan kepalanya sendiri.

Sehingga demikian, bagian lehernya pun sudah menjadi lebih kuar. Ia pun pada usia ini sudah memiliki refleks tersendiri untuk menahan nafas ataupun menutup matanya pada saat ia menyelam.

Idealnya anda akan dapat membawa si kecil ke tempat spa bayi 5 kali dalam satu minggu. Sementara itu, durasi yang dibutuhkan setiap harinya adalah sekitar 20 sampai dengan 25 menit dalam satu hari. Kegiatan spa semacam ini akan dapat memberikan manfaat untuk tubuh bayi dengan lebih baik.

Sementara itu, guna memahami apa itu spa bayi dan perawatan apa saja yang pada umumnya didapatkan di spa bayi. Maka tak perlu khawatir kita akan simak beberapa informasi lebih dalamnya dibawah ini. Untuk itulah mari simak mengenal spa bayi lebih dalam.

Mengenal Spa Bayi Lebih Dalam

Diatas sudah kita pahami poin utama dari pembahasan kali ini yakni mengetahui umur berapa bayi boleh berenang di spa bayi. Usia tersebut menjelaskan bahwa pada usia ini si bayi sudah menjadi lebih kuat. Refleksnya dalam menahan nafas di air ketika menyelam ataupun berenang akan membantu si kecil pada saat melakukan treatment perawatan di air, yakni berenang.

Sehingga demikian, kegiatan berenang yang dilakukan di spa bayi pada usia ini. Akan dapat bermanfaat dengan baik sebab hal ini akan memberikan relaksasi untuk tubuh bayi. Selain itu, berenang pun akan membantu gerak motorik si kecil dengan lebih baik.

Lantas apa sih itu spa bayi? Seperti apa saja rangkaian kegiatan yang pada umumnya dilakukan di tempat ini? Mari simak dibawah ini.

Spa bayi atau yang lebih dikenal dengan sebutan baby spa adalah perawatan yang dirancang guna memberikan stimulasi yang positif pada bayi usia 3 minggu sampai dengan 3 tahun. Umumnya, spa bayi terbagi kedalam 2 sesi.

Pada sesi pertama, buah hati anda akan berendam di kolam yang khusus disediakan. Dimana di kolam ini si kecil akan menggunakan pelampung demi menunjang keselamatannya dengan baik. Sesi ini pada umumnya berlangsung selam kurang lebih 10 sampai dengan 15 menit. Tergantung pada reaksi si kecil pada saat ia pertama kali masuk kedalam air.

Sementara itu, bila si kecil memang sudah terbiasa, durasi ini akan meningkat menjadi 30 menit setiap sesinya. Sementara pada sesi kedua, bayi akan mendapatkan pijatan yang dilakukan oleh seorang terapis. Dimana pijat ini pada umumnya akan berlangsung selama kurang lebih 15 menit.

Fasilitas yang Ada di Spa Bayi Secara Umum

Berbicara mengenai fasilitas yang ada didalam sebuah spa bayi atau baby spa. Biasanya akan tergantung dari setiap kebijakan yang dimiliki oleh setiap tempat. Artinya masing-masing tiap tempat spa bayi akan memiliki fasilitas yang berbeda satu dengan yang lainnya.

Hanya saja, pada kebanyakan spa bayi, bayi anda akan berendam dalam sebuah kolam bersama satu atau dua bayi lainnya. Air kolam yang digunakan biasanya akan diganti setiap sesi berakhir.

Sementara itu, untuk bayi diatas usia 6 bulan, biasanya air mungkin tidak akan selalu diganti setiap kali sesi berakhir. Hal ini dikarenakan biasanya mereka sudah menggunakan tekhnologi saringan ozon didalam airnya.

Beberapa tempat spa bayi mungkin memperbolehkan anda atau pasangan untuk dapat mempelajari teknik pijat bayi sendiri. Namun pada umumnya, seorang terapis yang sudah profesional dan memiliki sertifikat akan memijat bayi anda. Karena aturan dan kebijakan setiap tempat spa bayi berbeda-beda. Maka sebaiknya sebelum ibu dan ayah menentukan memilih tempat spa bayi, maka penting sekali untuk anda semua mencari informasi dengan baik.

Selain itu, tidak ada salahnya pula untuk membandingkan beberapa fasilitas spa sebelum anda mendaftarkan si buah hati ke tempat tersebut.

Apa Saja Manfaat Spa Bayi Untuk Si Kecil?

Karena popularitasnya yang kian hari kian meningkat saja. Para ahli mulai melirik spa bayi dan manfaatnya bagi perkembangan fisik dan mental si buah hati. Menurut banyak penelitian mengungkapkan, bahwa perawatan khusus untuk bayi ini memang memberikan manfaat yang baik untuk si buah hati.

Nah, untuk mengetahui apa saja manfaat yang bisa didapatkan si kecil dari melakukan spa bayi. Maka mari kita simak beberapa informasi menariknya dibawah ini.

Mengambang di kolam pada saat berenang akan membantu si kecil melatih keseimbangan tubuhnya dengan lebih baik.

Mendorong perkembangan motorik dan koordinasi tubuhnya dengan lebih baik. Hal ini dikarenakan didalam air si kecil akan belajar bagaimana menendang-nendang, mengayunkan tubuhnya dan menggerakan tangannya pada gerakan yang lebih bebas.

  • Mencegah masalah pencernaan dalam tubuh bayi.
  • Meningkatkan kekuatan otot dan tulang bayi lewat gerakan didalam air dengan tekanan yang tentunya lebih besar.
  • Berendam di dalam kolam yang hangat akan dapat membuat tubuh si kecil menjadi lebih tenang dan rileks.
  • Pijatan bayi akan dapat mengurangi kegelisahan dan tangisan bayi. Terutama pada saat mereka tidur di malam hari.
  • Belajar bersosialisasi dengan bayi lainnya yang berendam bersamanya pada saat kelas spa berlangsung.
  • Mendorong perkembangan otak lewat stimulasi sensoriknya.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Ikut Spa Bayi

Meski spa bayi diyakini memiliki manfaat yang cukup baik untuk perkembangan tubuh dan mental si kecil. Namun para dokter spesialis tidak melihatnya sebagai sebuah kewajiban untuk dilakukan oleh para orangtua.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa meskipun berendam didalam kolam akan dapat memberikan efek yang baik untuk bayi. Serta memberikan efek relaksasi dan stimulasi yang baik untuk tubuhnya. Namun manfaat yang sama sebenarnya bisa pula didapatkan pada saat bayi dimandikan di rumah.

Namun, bila anda ingin mengenalkan pengalaman spa bayi pada si kecil. Maka tidak ada salahnya untuk mencoba treatment yang satu ini untuk buah hati anda.

Lebih lanjutnya, dokter anak yang tergabung dalam American Academy of Pediatric. Menghimbau dan mengingatkan orangtua untuk memperhatikan beberapa hal dibawah ini sebelum mereka membawa serta buah hati mereka ke tempat spa bayi.

  • Sebelum mengikuti kelas spa bayi, sebaiknya si kecil sudah kenyang dan diberikan cukup ASI bila usianya belum cukup mendapatkan makanan pendamping.
  • Bayi pun perlu dalam keadaan fit atau tidak mengantuk. Sebab mengantuk dan kelelahan bisa mungkin membuat si kecil tidak menikmati sesi ini dengan baik.
  • Cari tahu dengan baik metode penyaringan air kolam. Hal ini dikarenakan bahan kimia yang berbahaya yang digunakan pada pijat bayi akan sangat mengancam keselamatannya.
  • Perhatikan perihal seputar kebersihan dan keamanan si tempat spa bayi yang bersangkutan. Hal ini dikarenakan sistem kekebalan tubuh seorang bayi yang masih rentan bisa membuat tubuh mereka mudah terkena dengan kuman dan bakteri.
  • Usahakan untuk mengikuti kelas spa bayi bersama dengan bayi lain yang anda kenali orangtuanya. Hal ini penting sekali diperhatikan untuk mencegah si kecil berendam dengan bayi yang memiliki masalah kesehatan.
  • Setiap proses perkembangan pada bayi tentunya berbeda-beda. Untuk itu, sebaiknya anda kenali sendiri apakah bayi anda sudah cukup secara kondisi fisik dan mental mengikuti kelas bayi spa atau tidak.
  • Kenalkan terlebih dahulu spa bayi dengan mengajak si kecil mandi dengan rutin. Hal ini pun akan menjadi tolak ukur yang membantu anda memutuskan apakah bayi anda sudah siap diperkenalkan dengan spa bayi atau belum.

Apakah Spa Bayi Sekedar Trend atau Bermanfaat?

Spa bayi bukan hanya sekedar terapi didalam air atau berenang saja. Namun hal ini pun akan memberikan si kecil manfaat yang baik. Pemijatan yang dilakukan pada spa bayi akan sangat berguna untuk pertumbuhan si kecil. Selain itu, perkembangan dan kesehatan bayi pun akan dapat memiliki pengaruh yang amat baik.

Akan tetapi, manfaat berenang bagi bayi pun sama halnya dengan manfaat pemijatan tersebut dan sudah diteliti terlebih dahulu. Jadi demikian, tidak ada salahnya untuk anda yang ingin memberikan pengalaman spa untuk si buah hati. Agar anda bisa mencobanya dengan si kecil.

Author Info

Bella

No Comments

Post a Comment