Waktu yang tepat mengajak bayi baby spa

Waktu yang Tepat Mengajak Bayi Baby Spa

Waktu yang Tepat Mengajak Bayi Baby Spa – Baby spa kini memang menjadi tren dikalangan orangtua. Bukan hanya sebagai tren semata, baby spa juga bermanfaat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Baby spa akan mendorong perkembangan motorik si kecil, meningkatkan kekuatan tulang dan otot bayi, melatih keseimbangan, mencegah gangguan pencernaan, membantu mendorong perkembangan otak, waktu tidur menjadi berkualitas dan lain sebagainya. Namun sebelum baby spa, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, salah satunya waktu yang tepat mengajak baby spa. Untuk mengetahui lebih jelasnya, anda bisa simak pembahasan di bawah ini. ( Baca juga : Ketahui Waktu yang Tepat Melakukan Pijat Bayi )

Waktu yang tepat mengajak bayi baby spa

Waktu yang Tepat Mengajak Bayi Baby Spa

Meskipun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan bayi, tapi bukan berarti anda dapat mengajak si kecil baby spa semau anda. Anda tetap harus memperhatikan beberapa hal sebelum mengajak si kecil baby spa. Lantas kapan waktu yang tepat mengajak bayi baby spa? Simak pembahasan di bawah ini.

Usia

Anda harus memperhatikan usia si kecil saat akan diajak baby spa. Pastikan usia bayi tidak terlalu dini untuk diajak baby spa. Usia minimal bayi dapat baby spa yaitu 2 sampai 6 bulan karena saat usia tersebut kepala bayi sudah tegak dan kuat.

Berat Badan Bayi

Bukan hanya dilihat dari usia bayi saja, anda juga harus memperhatikan berat badan si kecil. Bayi sudah bisa baby spa jika memiliki berat badan minimal 5 kg. Jika berat badan anak anda di bawah 5 kg, sebaiknya anda menunda terlebih dahulu niat anda untuk mengajak si kecil baby spa.

Bukan Jam Tidur Bayi

Ketika anda akan mengajak si kecil ke tempat baby spa, pastikan anda tidak mengajaknya pada jam tidur si kecil. Karena ditakutkan saat treatment si kecil rewel atau bahkan menangis sehingga akan mengganggu kegiatan baby spa. Sebelum baby spa pastikan si kecil sudah mendapatkan waktu tidur yang cukup. Selain itu, si kecil juga sudah makan atau minum susu.

Apabila saat akan baby spa bayi anda malah tertidur, sebaiknya jangan bangunkan dia. Anda bisa menunggunya hingga bayi anda bangun. Membangunkan si kecil justru akan membuatnya kaget atau trauma sehingga kualitas tidurnya akan berkurang.

Ajak Si Kecil Baby Spa Saat Kondisi Kesehatannya Baik

Jika anda sudah menjadwalkan baby spa untuk bayi anda, namun ternyata keadaannya kurang baik atau kurang sehat, anda sebaiknya mencari tahu penyebab sakitnya. Pijatan yang dilakukan saat baby spa tidak semuanya akan membuat bayi merasa enakan atau rileks.

Kenali Posisi yang Nyaman Pada Si Kecil

Anda harus mengetahui posisi yang nyaman pada bayi saat dipijat. Pasalnya, jika bayi tidak berada pada posisi yang nyaman, maka akan membuat bayi mudah bosan. Agar anteng saat dipijat, anda dapat memberikannya mainan.

Jadwalkan Baby Spa Rutin

Seperti yang kita ketahui, baby spa memiliki manfaat yang baik untuk si kecil. Karena seperti itu, anda dapat menjadwalkan si kecil baby spa minimal 1 bulan sekali atau jika memungkinkan 1 minggu sekali. ( Lihat juga : Manfaat Pijat Bayi Untuk Bayi Prematur )

Saat mengajak ke tempat baby spa, pastikan anda memiliki waktu yang cukup untuk menemani buah hati anda. Jika anda terburu-buru si kecil justru akan merasa tidak nyaman.

Dengan demikian, pastikan anda mengajak si kecil baby spa saat usianya sudah cukup, berat badannya cukup dan bukan pada jam tidurnya. Selain itu, anda juga harus memperhatikan hal-hal lainnya seperti yang sudah disebutkan di atas. Semoga bermanfaat.

Author Info

Kris Santi Handayani

No Comments

Post a Comment